0
IPK Sempurna - Ketika zaman sekolahan dulu, mendapatkan nilai 90 adalah menjadi kebanggaan tersendiri, termasuk ketika kita kuliah nanti, mendapat IPK 4.0 adalah suatu kebanggan dan prestasi tersendiri. Tapi ketika kamu mendapatkan IPK 4.0 plis jangan terlalu lama berbangga diri, apalagi sombong. Mengapa begitu? Yuk kita simak apa saja sebabnya!
Mahasiswa Cumlaude (source: id.wikipedia.org )

Soft skill

IPK-mu memang tinggi, tapi apakabar dengan soft skill-mu? Perusahaan tidak akan melihat calon pekerjanya dari IPK semata, tapi yang lebih penting dari itu, ialah seberapa banyak keahlian, dan kaya soft skillmu. IPK hanya dijadikan pertimbangan awal saja.

Zaman terus berubah

Di zaman yang semakin maju dalam segala hal ini, IPK tinggi bukanlah menjadi satu-satunya jaminan kesuksesan kamu untuk bersaing dengan dunia luar (red: dunia kerja). Mempunyai IPK tinggi seharusnya diimbangi dengan dengan kemampuan yang dapat menyesuaikan dengan keadaan perubahan zaman. Contohnya, 10 tahun lalu, kemampuan IT mungkin belum menjadi skill yang perlu kamu kuasai. Sekarang, hampir semua perusahaan mencari karyawan dengan skill IT. Jadi upgrade selalu skill yang kamu punya.


Beradaptasi

Kamu perlu lebih dari sekadar IPK untuk bisa bertahan di dunia kerja. Kuncinya adalah kemampuan beradaptasi di lingkungan yang serba baru. Ya kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang asing itu perlu dilakukan dengan cepat loh, apalagi di dunia kerjamu.

Kompetisi semakin ketat

Nilai IPK dari kampus tidak akan berubah hingga akhir hayat, namun perubahan zaman membuat kompetisi kian ketat. Fresh graduate pun harus memiliki banyak cara untuk bertahan dan unggul di persaingan dunia kerja. Kamu bisa mulai mengasah berbagai soft skill dan keterampilan profesional, menambah wawasan hingga membuka jaringan seluas-luasnya. | Source: Okezone.com
Kesimpulannya, Boleh saja mempunyai IPK Sempurna, tetapi ingat harus diimbangi dengan kemampuan yang memadai dan kaya akan soft skill. Semangat Berjuang!

Post a Comment

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.